Bagaimana Memilih Makanan Anjing?


Anjing Anda mengisi hidup Anda begitu banyak, dan Anda ingin memberinya makan makanan sehat, tetapi dengan semua pilihan makanan yang ada, bagaimana Anda tahu mana makanan yang terbaik?





Pertama-tama, perlu diingat bahwa tidak ada satu makanan yang terbaik untuk setiap anjingTidak ada makanan tunggal yang akan memberikan anjing mata paling terangbulu paling mengilat, energi paling besar,dan pencernaan terbaik. Anjing adalah individu seperti manusiayang berarti bahwa Anda bisa memberi makan sebuah merek makanan yang diformulasikan sangat baik kepada sekelompok anjing dan menemukansebagian besar anjing dengan kondisi sangat baik, beberapa tidak baik, dan beberapa makanan benar-benardapat menyebabkan gangguan pencernaan bagi sebagian anjingUntungnya, ada banyak makanan anjingyang diformulasikan dengan baik yang dapat dipilih, dan baik untuk mencoba beberapa makanan untuk menentukan mana yang terbaik bagi anjing kesayangan Anda. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan anjing, yang penulis terjemahkan dari sini.

Perhatikan tahapan perkembangan Anjing

Anak anjing pemburu makan makanan anjing kering (dry food). Pastikan anda memilih makanan anjing yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan hidupnya. Anak anjing (puppy) yang memakan makanan anjing dewasa tidak akan mendapatkan lebih banyak kalori, protein, vitamin dan mineral yang ia dibutuhkan untuk pertumbuhan yang tepat. Anjing dewasa yang makan makanan anjing cenderung menjadi kelebihan berat badan. Anjing yang lebih tua mungkin memerlukan makanan  yang lebih mudah dicerna. Walaupun makanan bergizi, tetapi satu ukuran belum tentu mencukupi semua yang dibutuhkan. 

Pilih Jenis Makanan

Orang sering bertanya-tanya apakah harus memberikan makan anjingnya makanan kering, setengah basah atau kalengan. Jawabannya tergantung pada individu hewan tersebut, meskipun makanan kering dianjurkan paling sering. 
Lihat Komposisi Makanan
Komposisi bahan makanan yang berkualitas tinggi  sangat penting dalam makanan yang sehat. Beberapa merek makanan anjing yang terjangkau terbuat dari bahan – bahan murah tidak mudah dicerna dan tidak memberikan nutrisi terbaik. Mungkin makanan anjing dengan harga terjangkau tersebut secara teknis dapat memenuhi spesifikasi untuk persentase protein, lemak, karbohidrat, dll secara legal, tetapi  makanan ini memiliki nilai energi lebih rendah dan tingkat protein yang rendah. Karena itu, banyak nutrisi dapat menembus sistem pencernaan anjing anda tanpa diserap. Ini juga berarti bahwa Anda harus memberi makan sejumlah besar makanan yang berkualitas lebih rendah untuk memberikan hewan peliharaan Anda dengan nutrisi yang sama dengan jumlah yang lebih kecil makanan premium. Ketika Anda membandingkan biaya makanan ini per-porsi, dan menyadari seberapa cepat Anda menghabiskan uang Anda, makanan ekonomi sebenarnya mungkin lebih mahal dalam jangka panjang.
Bila Anda mencari makanan sehat untuk anjing Anda, meninjau daftar komposisi bahan makanan di bagian belakang pembungkus merupakan tempat yang baik untuk memulai. Secara hukum, label makanan hewan harus berdasarkan beratnya. Lihatlah komposi meat, fish, egg, atau beberapa tipe dari meat meal atau fish mealsebagai komposisi bahan pertama atau kedua. Daging, ikan dan telur memiliki nilai biologi tinggi, yang berarti mereka memiliki persentase tinggi protein dalam bentuk dicerna, asam amino yang dapat digunakan.

Bandingkan Analisa Jaminan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan yaitu Analisa Jaminan (Guaranted Analysis) yang terdapat pada bagian belakang pembungkus makanan anjing. Terdapat tabel yang berisi daftar persentase dari berbagai bahan yang terkandung dalam makanan itu. Namun, angka yang diberikan dalam Guaranted Analysisberdasarkan “memberi makan” dan tidak memperhitungkan jumlah uap air dalam makanan itu. Semua makanan hewan peliharaan memiliki berbagai tingkat kelembaban; makanan kaleng dapat memiliki tingkat kelembaban hingga 80%, dan makanan kering  hanya memiliki tingkat kelembaban 6%. Untuk menentukan jumlah aktual dari suatu bahan dalam makanan, atau untuk membandingkan antara merek atau antara makanan basah dan kering, angka-angka perlu dikonversi berdasarkan Dry Matter (DM). Untuk informasi lebih lanjut, atau untuk melihat formula yang digunakan untuk mengkonversi ke Dry Matter, lihat artikel “Label Makanan Anjing.”

Cek Pernyataan AAFCO

Untuk mengevaluasi sebuah makanan anjing tertentu, bandingkan jumlah komposisi bahan DM dengan grafik nutrisi Association of American Feed Control Officials (AAFCO). Makanan anjing yang diberi label ‘lengkap dan seimbang’ harus memenuhi standar yang ditetapkan AAFCO, baik dengan memenuhi profil nutrisi atau dengan percobaan makan. Untuk informasi lebih lanjut tentang AAFCO, lihat “Peraturan Pemerintah Makanan Pet.”

Luangkan Waktu agar Anjing Anda dapat Beralih Makanan

Beralihlah makanan anjing untuk makanan baru selama 7-10 hari. Saat Anda melakukan beberapa perbandingan dan memilih makanan yang diformulasikan dengan baik, pastikan Anda memberikan waktu yang cukup untuk anjing Anda dalam waktu perpindahan dari makanan yang sekarang ke makanan yang baru.Bakteri normal dalam usus membantu anjing dalam mencerna makanan. Perubahan mendadak dalam makanan dapat menyebabkan perubahan jumlah dan jenis bakteri ini, sehingga makanan sulit untuk dicerna, dan mengakibatkan gangguan usus. Untuk menghindari masalah tersebut, beralihlah ke makanan baru perlahan-lahan, selama setidaknya 7-10 hari. Mulailah dengan mencampurkan 25% baru dan makanan lama 75%, berilah makanan tersebut setidaknya selama 3 hari. Jika semuanya berjalan dengan baik, lanjutkan dengan mencampurkan makanan 50% dari setiap jenis makanan selama 3 hari, lalu ubahlah campuran makanan 75% baru dan 25% makanan lama  selama 3 hari. Setelah itu, hewan peliharaan Anda harus siap untuk makan hanya makanan yang baru. Jika terjadi masalah, konsultasikan dengan dokter hewan untuk meminta saran.
Setelah Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan anjing Anda mendapatkan makanan yang bergizi, lihatlah anjing Anda dengan makanan barunya setidaknya selama sebulan. Anjing dengan mata cerah, bulu mengkilap, kondisi tubuh yang baik (tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk), dan energi yang baik berarti Anda telah melakukan pekerjaan yang baik terhadap pemberian makanan bergizi hewan peliharaan Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment